Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Drakor Not Others (2023): Arti Keluarga Sesungguhnya

Di antara sekian banyak drama yang telah kutonton, Not Others muncul sebagai drama yang memikatku tanpa harus memikirkan teori rumit, alur cerita yang berbelit, atau kisah cinta yang penuh intrik antar para pemain. Aku mengikuti drama ini dengan perasaan yang tenang tanpa membawa ekspektasi apapun dan kejutan tak terduga terus terjadi sejak episode pertama sampai terakhir. Meskipun tampak sederhana, drama ini berhasil mencuri perhatianku dengan penggambaran kehidupan sehari-hari yang menarik seorang Ibu tunggal dan sang anak, pekerjaan, serta hubungan dengan orang-orang di sekitar mereka.

  • Drama : Not Others (남남)
  • Sutradara :  Lee Min-Woo
  • Penulis : Jung Young-Rong (webcomic), Min Sun-Ae
  • Stasiun : ENA, GenieTV
  • Episode : 12
  • Mulai Tayang : 17 Juli 2023

  • Kim Eun-Mi (Ibu) dan Kim Jin-Hee (Anak)
    Diadaptasi webtoon "Namnam" 남남 oleh Jung Young-Rong (Diterbitkan melalui Kakao Webtoon). Diawali dengan kisah gadis SMA bernama Kim Eun-Mi (Jeon Hye-Jin), hidupnya penuh dengan kesendirian dan kekerasan karena sang Ayah yang suka memukulnya terjerumus dalam alkohol. Ia mencari pelarian di tempat yang kelam dengan masuk ke geng iljin (geng perundungan disekolahnya). Namun, kehidupannya berubah secara tak terduga saat Eun Mi menemukan bahwa dirinya tengah mengandung. Eun-Mi memutuskan untuk menjaga sang cabang bayi meskipun cinta pertama yang menghamilinya meninggalkan Eun-Mi untuk melanjutkan sekolah kedokteran. Dibantu oleh seorang teman setia yaitu Kim Mi-Jung (Kim Hye-Eun), Ia menjalani perjalanan sulit untuk membesarkan putrinya, Kim Jin-Hee (Sooyoung).

    Saat ini diusia empat puluh tahun Eun-Mi bekerja sebagai ahli terapi fisik, sementara anak perempuannya yaitu Kim Jin-Hee, berusia dua puluh tahun menjalani pekerjaan sebagai petugas di Kantor Polisi Namchon. Jin-Hee tetap tinggal bersama Ibunya meski telah memasuki usia dewasa. Sayangnya, situasi ini telah memunculkan pertengkaran yang tampaknya tidak berujung di antara keduanya. Meskipun Ibu dan anak sepakat bahwa cinta di antara mereka sangat kuat, belakangan ini mereka kesulitan menemukan cara untuk kembali rukun dalam hubungan mereka.

    Park Jae-Hong (cinta pertama Eunmi/Ayah Jin-Hee) dan Eun Jae-Won (Kepala Tim Polisi Namchon)
    Seolah tidak cukup dengan pertengkaran bersama sang anak, kehidupan Eun Mi menjadi semakin rumit ketika Park Jin Hong (Ahn Jae-Wook), cinta pertamanya tiba-tiba muncul dalam hidupnya. Eun Mi mencoba untuk mendekatkan dirinya kembali pada pria itu, meski hubungan Park Jin-Hong dengan Jin-Hee, yang merupakan putrinya menjadi canggung karena sang putri belum pernah bertemu dengan ayahnya dan Ia secara tidak langsung merasa ditelantarkan. Sementara itu, Jin Hee sendiri menghadapi kesulitan dalam berhubungan dengan Eun Jae Won (Park Sung-Hoon), Ketua Tim Polisi Namchon. Jae Won merupakan senior/sunbae dari masa kuliahnya, tetapi sekarang pria itu tampak berbeda dan menyimpan banyak rahasia.

    • coldclover's point : Not Others menampilkan kisah persahabatan duo Ibu-anak yang saling mendukung dalam suka mapupun duka, ini bukanlah drama komedi romantis atau drama emosional yang berat— walaupun ada beberapa scene yang tidak mudah dipahami oleh remaja atau anak di bawah umur. Di sini, Jin-Hee terlihat jauh lebih dewasa dibandingkan Eun-Mi sang Ibu. Eun-Mi adalah wanita mandiri, penuh semangat, percaya diri yang suka bersenang-senang, ceroboh namun tidak pernah membiarkan siapa pun, bahkan putrinya untuk mengendalikan hidupnya. Di sisi lain, Jin-Hee adalah putri yang tenang, percaya diri, dan rajin bekerja sebagai petugas kepolisian. Eun-Mi dan Jin-Hee mempunyai pendapat dan nilai hidup yang berbeda dan tanpa disadari mereka berusaha menyakiti perasaan satu sama lain. Mereka lebih seperti teman yang terus-menerus bertengkar daripada apa pun. Pada awalnya, karakter Eun-Mi mungkin terlihat egois, tetapi dia punya banyak alasan untuk bertindak seperti itu. Dia menjadi ibu tunggal pada usia 16 tahun dan tidak pernah menikmati hidupnya seperti anak muda pada umumnya. Dan Jin-Hee menjadi dewasa pada usia dini karena situasinya. Mereka sangat protektif satu sama lain tetapi keduanya saling melengkapi.
    Chemistry Ibu dan anak Kim Eun Mi, Kim Jin Hee, sang ayah Park Jin Hong dan kehangatan keluarga Kim Mi-Jung.
    • Dan juga cara mereka menangani masalah keluarga, menurutku sangat berbeda dari biasanya. Kim Mi-Jung, teman Eun-Mi sudah jelas menentangnya untuk berhubungan ayah kandung Jin-Hee setelah 30 tahun lamanya, tetapi ia tetap tegas dengan pendiriannya. Menurutku ini aneh, kok dia bisa bersikap seolah-olah tidak terjadi apa-apa dan berkencan dengan pria yang jelas meninggalkannya dan bahkan tidak menyadari bahwa Ia sudah memiliki anak. Kemudian dia menyatakan dengan sangat jelas bahkan jika dia berkencan dengan pria itu, Jin-Hee akan selalu menjadi prioritas utamanya terlepas dari hubungan Jin hee dengan pria tersebut, dia akan menjadi anaknya. Mereka canggung dan ragu pada awalnya, tetapi mereka mengatasinya dan menerima semua ini sebagai awal yang baru. Ayah kandungnya tidak pernah menuntut untuk diperlakukan seperti Ayah karena dia tidak pernah bisa mengisi ruang kosong dalam hidup Jin-Hee (Walaupun aku berharap Jin-Hee setidaknya sekali saja memanggilnya dengan sebutan Ayah😔. Karakter Park Jin-Hong terlihat bahagia apa adanya sehingga tidak memperumit masalah lebih jauh, tetapi dari sorot matanya tersirat bahwa Ia ingin menjadi Ayah Jin-Hee setelah sekian waktu berlalu).  Mereka menghormati ruang satu sama lain sehingga menciptakan keharmonisan di dalamnya.

      Couple Kim Jin-Hee dan Eun Jae-Won

      Sejak awal drama ini membuatku ketagihan. Narasi, kemeriahan, ketegangan, dan adegan emosional diambil dengan sangat realistis. Aku mengagumi setiap karakter meskipun mereka memiliki beberapa kekurangan. Banyak penonton mengatakan mereka ingin melihat lebih banyak scene romance antara Jin-Hee dan Jae-Won (termasuk akuhh😔), tetapi jangan lupakan bahwa pemeran utama adalah duo Ibu-anak, dan cakkanim fokus pada hubungan keduanya. 

    • Tepuk tangan buat Ibu dan Anak yang satu ini, Jeon Hye-Jin dan Sooyoung👏🏻 dabestt bgtt nah. Aku udah pernah nonton Jeon Hye-Jin di drama Search: WWW (2019) dan memang aktingnya se bagus itu, mana disini doi klop banget sama Sooyoung uwuw. Walau aku belum pernah nonton drama mba Soooyung nah (tapi doi ini emang spesialis drama romance artis kan? seperti So I Married The Anti-Fan dan Fanletter, Please. Next bakal masuk watchlist dehh hehe). Untuk mas Park Sung Hoon, sang villain di The Glory ini benar-benar bikin leleh disini dan di drama selanjutnya (btw Sung-Hoon ambil project drama ENA juga yaitu The Kidnapping Day yang bakal kubahas di postingan selanjutnya). Doi sebelumnya jadi kang bully, sekarang malah jadi polisi sama detektif, plz gakuattt pesonanyaaa😣
    • 🎧Untuk OST  Not Others sendiri diisi oleh beberapa penyanyi yang kurang familiar, tetapi lagu-lagu yang diputar sangat cocok dengan scene yang ditampilkan seperti SAAY - Kisss,  Sojung - Want to be Free,  Choi Yuree - Like a Dream,  Yoo Yeonjung - Somebody Like, Fromm - Calling for Spring, Rothy - Alive dan Sogaksogak - My Dream. Memang kebanyakan trot vibes, tapi sangat melengkapi mereka pas adegan berantem hihi.
    • 📋 Mengenai rating, dari 1-10 aku kasi nilai 8 untuk drama Not Others. Drama channel ENA akhir-akhir ini sangat menyenangkan untuk diikuti, ceritanya fresh dilengkapi dengan alur yang menarik. Mungkin dikarnakan dramanya diadaptasi dari webtoon dan novel, sehingga penonton yang sudah mengikuti karya penulis bisa langsung tenggelam menikmati drama yang ditampilkan.
    •  Drama Not Others dapat ditonton di VIU ya yeorobun😆
    Sekian review drakor kali ini, see yaa^^~

    Post a Comment for "Review Drakor Not Others (2023): Arti Keluarga Sesungguhnya"