Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Drakor Romantis Suzy dan Yang Se Jong, Doona! / Lee Doo Na! (2023): Romansa Cegil dan Anak Baik

Dalam waktu kurang dari seminggu setelah ditayangkan, "Doona!" telah meraih popularitas sebagai salah satu drama Korea yang paling banyak diperbincangkan dalam bulan ini. Comeback yang sangat dinantikan dari Suzy dan Yang Se-Jong telah menghadirkan kegembiraan luar biasa bagi para penggemar. Ditambah lagi, dengan unsur romansa yang memikat, drama ini berhasil membuat hati penonton berdebar dan terus terpaku pada ceritanya. Yeorobun, kali ini mari kita eksplorasi drama "Doona" dalam ulasan singkat yang akan kubagikan. Check this out!

  • Drama : Doona! / Lee Doo-Na! (이두나!)
  • Sutradara :  Lee Jung-Hyo
  • Penulis : Min Seong-Ah (Webcomic)
  • Stasiun : Netflix
  • Episode : 9
  • Mulai Tayang : 20 Oktober 2023

  • Diadaptasi webtoon "The Girl Downstairs (이두나!)" oleh Min Seong-Ah (diterbitkan melalui Naver Webtoon dipublikasikan 17 Juli 2019). Dalam dunia gemerlap K-pop, Lee Doo-Na (Bae Suzy) hadir sebagai bintang yang berbakat dan bersinar didalam grup idol Dream Sweet. Dengan vokal memukau dan kehadirannya di panggung yang memikat, Doona menduduki posisi center dan telah mencuri hati banyak penggemar. Namun kehidupan berkilauan di bawah sorotan tiba-tiba berubah, setelah merilis album dan grupnya tampil di panggung KCON Jepang, Doo-Na secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya dari grup.


    Tanpa diketahui banyak orang, bintang yang pernah bersinar sekarang tinggal di sebuah rumah kos kecil yang berdekatan dengan universitas terbaik di Seoul. Doona memilih untuk merendam diri dalam kesendirian dan jarang sekali melangkah keluar dari tempat perlindungannya. Keputusannya untuk menjauh dari hiruk-pikuk ketenaran telah membuat para penggemar bingung, bertanya-tanya apa yang mendorong perubahan dramatis dalam hidupnya. Sementara itu Lee Won-Jun (Yang Se-Jong) seorang mahasiswa jurusan teknik sipil tanpa latar belakang istimewa, Ia memiliki hati yang hangat dan penuh kasih. Takdir mempertemukan Doona dan Won-Jun pada saat pria itu menetap di rumah kos yang sama dengan Doona (hanya berbeda lantai) hingga hubungan yang tak terduga mulai tumbuh. Doo-Na menemukan kedamaian dalam kehadiran Won-Jun yang menghiburnya dan kebaikan yang ditunjukkan padanya mulai meluluhkan dinding-dinding es di sekitar hatinya.


    Jin-ju si cinta pertama, I-ra teman masa kecil, Yun-Taek dan Jung-Hoon
    Drama ini semakin memikat dengan kehadiran beberapa penghuni kos di lantai atas, seperti Koo Jung-Hoon (Kim Do-Wan) yang sepenuhnya mengabdikan hidupnya pada olahraga dan ketenangan. Di sisi lain, ada Seo Yun-Taek (Kim Min-Ho), seorang mahasiswa psikologi yang selalu gagal dalam urusan percintaan. Kehadiran Kim Jin-Ju (Ha-Young) cinta pertama Wonjun, serta teman masa kecil Wonjun yaitu Choi I-Ra (Park Se-Wan) semakin menambah daya tarik drama ini. Para penonton semakin penasaran dengan perkembangan kisah cinta antara para karakter, terutama karena drama ini diadaptasi dari sebuah webtoon yang banyak dibaca oleh para penggemar. Mereka yang sudah mengikuti komiknya mengatakan akhir cerita dalam komik mengarah pada hubungan antara Wonjun dan I-Ra. Namun bagaimanakah dengan versi dramanya? Ini adalah tanda tanya besar yang hanya akan terjawab dengan menonton drama ini. Jadi ayo tonton dan temukan jawabannya hehe!.

    Selalu salfok sama outfit mba Doona, hemat air karna potongan bajunya pendek semua😭
    • coldclover's point : Mungkin pada awalnya, ketertarikan Doona pada Wonjun dipicu oleh kebaikan hatinya. Doona, gadis itu, telah menghadapi banyak tantangan dalam hidupnya baik dalam hal keluarganya maupun dalam karir. Sejak kecil, tanpa mengenal sosok Ayah, Ia dibesarkan oleh neneknya, sementara itu sang Ibu terjerat dalam kasus penipuan dengan jumlah uang yang besar. Tidak hanya itu, karirnya yang sukses sering kali menjadi sasaran kritik dari netizen. Doona tidak punya siapapun yang menanyakan bagaimana keadaannya, bahkan seseorang  yang ditunggu— Ia harapkan mengisi kekosongannya pun tak memahami gadis itu. Sebenarnya aku merasakan kehadiran Wonjun adalah hadiah besar untuknya.  Doona mendapatkan banyak cinta dari pria itu, serta menemukan teman sejati yang merupakan  orang terdekat Wonjun, seperti Jinju dan I-Ra. Kehadiran mereka membuat Doona tidak lagi merasa sendirian, dan dia merasakan kehangatan persahabatan yang lama ia cari.
    Dalam drama ini, aku sangat terkesan dengan dedikasi pihak Netflix yang benar-benar menghadirkan pengalaman yang luar biasa. Doona, karakter yang diperankan Suzy merupakan seorang idol dari girlgroup Dream Sweet— dan untuk membuatnya tampak nyata Netflix menggarap lagu, dance, serta koreografi grup ini. Yang membuatku terkejut adalah momen saat Go Asung menari bersama Suzy (Doi tuh aktris dan ternyata cocok bgt jadi idol). Bahkan lebih mengagumkan, Netflix juga merilis photocard resmi dan membawa Dream Sweet tampil di KCON Japan. Semua ini menunjukkan bahwa drama Doona! diproduksi dengan sangat matang.
    Salah satu kehadiran karakter yang kehadirannya tidak dapat dilewatkan, Manager Park In-Wook (Lee Jin-Wook). Sosok yang pertama kali menggenggam tangan Doona, bahkan sejak remaja sebelum Ia debut— hubungan khusus mereka pun mulai terjalin. Doona merasa nyaman dan bergantung padanya— seiring berjalannya waktu, perasaan kepercayaan itu berkembang menjadi cinta yang mendalam. Karakter Manager Park In-Wook tidak hanya menjadi sumber kekuatan bagi Doona, tetapi juga menghadirkan dimensi emosional yang mendalam dalam cerita ini. Kehadirannya  mengajak penonton untuk ikut merasakan kehangatan dan kompleksitas perasaan yang ada di dalam hati Doona.
    Gumush bgt bgt sama Doona-Wonjun
    Ketegasan Wonjun dalam menyampaikan pendapatnya di awal sangat menyentuh hatiku. Ia dengan jujur mengungkapkan perasaannya, tanpa menyembunyikan hal-hal yang tidak disukainya, dan dengan keyakinan, Ia memperlihatkan cintanya kepada Doona seperti Doona yang pada awalnya mengejar pria itu secara ugal-ugalan seperti cegil pada umumnya.

    Namun beberapa tahun kemudian Wonjun memutuskan untuk mundur disebabkan oleh realisme yang menghampirinya, Ia menyadari bahwa Doona adalah seorang bintang dan mereka hidup dalam dunia yang berbeda. Sungguh, Wonjun benar-benar menyesali keputusan yang Ia buat setiap harinya (bahkan saat pengakuan di episode terakhir pun Ia menangis). Tapi disini Doona kembali mengejarnya, melakukan sesuatu yang jarang kulihat dari karakter lain yang menyerah ketika pasangan mengajak untuk berpisah. Doona melakukannya karena tahu bahwa Wonjun adalah cintanya, dan pria ini memegang teguh perasaan itu— merindukan sosok Doona di dalam hatinya. Bayangkan, hati Wonjun tetap setia pada Doona sejak pertemuan pertama ketika lelaki itu masih kuliah, bahkan selama masa dinas militernya, hingga saat dia menghadapi wawancara kerja. Jika bukan cinta sejati, lalu apa lagi yang bisa menjelaskan perasaan ini?
    •  Kunci keunikan drama ini terletak pada karakter Doona yang pada pandangan pertama mungkin tampak dingin dan tak dapat terbaca oleh siapapun. Namun di dalam lubuk hatinya—  tersirat api kehangatan yang membara, merindukan cinta dan pengakuan. Ketika yeorobun menjalani perjalanan kisahnya, sangat penting untuk selalu mengingat bahwa setiap keputusan yang diambil olehnya dipengaruhi oleh rasa sakit amat dalam yang tersemat dalam lubuk hatinya. Lebih dari apapun di dunia ini, Doona mencintai Wonjun tanpa batasan. Tetapi, dia merasa perlu mendapatkan persetujuan dan mengejar karier sebagai satu-satunya cara untuk mengisi kekosongan dalam dirinya.
    Setelah bertahun-tahun berlalu, akhirnya saatnya bagi mereka untuk bersatu. Mereka menemukan persetujuan yang telah mereka cari dalam alur waktu yang telah berlalu. Kini, keduanya siap untuk satu sama lain. Pada awal cerita, Doona mengungkapkan harapannya bahwa kehidupan pribadi dan kariernya akan menjadi lebih damai setelah beberapa tahun berlalu. Saat tahun 2027 tiba, harapannya menjadi kenyataan, dan dia dapat mencurahkan cintanya dengan bebas kepada orang yang dicintainya.
    • Berikan tepukan yang gemuruh kepada Bae Suzy dan Yang Sejong👏🏻.  Sungguh, akting mereka luar biasa sehingga aku merasakan chemistry yang kuat serta peningkatan emosi disetiap episodenya. Aku juga menyukai pendekatan realistis bagaimana tidak ada karakter yang terlihat sempurna— bahkan male lead yang terlihat sempurna memiliki beberapa kekurangan kecil jika diperhatikan. Cukup banyak perasaan depresi yang mereka ungkapkan dengan jujur dalam berbagai adegan. Mereka tidak menyembunyikan kesalahan atau penyesalan mereka dan tidak ada yang mencoba menyembunyikan rasa sakit dengan senyuman palsu yang klise sambil mengatakan "Aku baik-baik saja". Mereka menunjukkan bahwa ketika kita merasa sedih atau terluka, sangatlah manusiawi untuk merasakannya sepenuhnya— bahkan sampai menangis dan meluapkan perasaan tersebut. Pendekatan ini membuat drama ini terasa begitu nyata dan menggugah hati penonton, mengajarkan kita tentang kekuatan kejujuran dan ketabahan di tengah tantangan kehidupan.
    • 🎧 Untuk OST Doona! tentunya aku merekomendasikan DREAM SWEET - The Whispering Spell, Suzy - Ordinary Days, Suzy - Undercover (Lagu-lagu ini merupakan kumpulan album dari penyanyi Doona dan girlgrup Dreamsweet dalam drama) serta Dvwn - Still, Kwon Jin Ah - The Universe sangat menarik untuk didengar, lagunya soft bgtt huhu🤧
    • 📋Mengenai rating, dari 1-10 aku kasi nilai 9 untuk Doona!. Perlu digarisbawahi, drama ini membuatku terbawa akan perasaan yang dialami karakter utamanya (dan itu sangat menyentuh). Secara keseluruhan Doona! merupakan produksi berkualitas tinggi yang memuaskan secara visual serta dapat ditonton berkali-kali sehingga mendapatkan detail tersembunyi ditiap karakternya.
    •  Drama Doona! dapat ditonton di Netflix ya yeorobun😆
    Sekian review drakor kali ini, see yaa^^~

    17 comments for "Review Drakor Romantis Suzy dan Yang Se Jong, Doona! / Lee Doo Na! (2023): Romansa Cegil dan Anak Baik"

    1. Hmm. Memang bisa serumit itu jalinan perasaan di antara manusia-manusia. Yang aku selalu kagum, penulis naskahnya pinter merangkai jalinan kisah di antara para karakter filmnya.

      ReplyDelete
    2. Rating 9, woww sangat baik di tonton film ini. Ceritanya pasti bagus dan menarik bagi pemirsanya.

      ReplyDelete
    3. Seorang bintang tapi memutuskan untuk meninggalkan ketenaran saat berada di puncaknya. Pasti membuat penasaran. Moga ada kesempatan nonton Doona

      ReplyDelete
    4. Hooo baru aja tadi di salah satu grup aku minta rekomendasi drakor yang bagus. Udah lama off nonton drakor soalnya. Salah satu teman menyarankan nonton Doona. Lalu sekarang dapat reviewnya. Wah, beneran makin pengen nonton deh, kayaknya bagus nih. Apalagi pemainnya gak kaleng-kaleng

      ReplyDelete
    5. wah saya belum pernah melihat cuplikan drama koreanya meksipun di iklan gitu, kayaknya seru banget ya drakornya, muka ceweknya unik banget belum pernah lihat mukanya kayaknya di drakor sebelumnya

      ReplyDelete
    6. Rating 9 dong! Pasti keren banget ya filmnya dan akting para pemerannya. Bikin hati meleleh nih kayaknya.

      ReplyDelete
    7. Aku belum nonton drama mbak Doona. Hahahaha... Ini serialnya pendek ya klo g salah, kapan hari mau nonton di netplix ke delay mulu sama film lain yang masul wishlist. Aahhh... Wishlistku tambah panjang ini. Hahahaha... 😂😂

      ReplyDelete
    8. Ini drakor berseliweran banget reviewnya di timeline twitter, eh X. Penasaran, tapi belum sempet nonton karena masih maju-mundur. Tapi setelah baca review di sini, kuputuskan buat nonton segera :D

      ReplyDelete
    9. wah drakor ini membuatku pengen nonton kak, sebagus ini sih banyak yag review dimana-mana, bakal nonton weekend ini sepertinya aku

      ReplyDelete
    10. Kurang begitu tahu tentang drakor, tapi kalau dengar cerita dari teman seru semua dan baca artikel ini jadi ingin kali-kali nyobain nonton

      ReplyDelete
    11. Menurut pendapat pribadi, semua aspek dari drama ini bagus dan menarik, kecuali terlalu banyak scene yang delay seperti merokok yang diulang berkali-kali

      ReplyDelete
    12. Belum nonton, tapi dari sinopsis nya sih menarik ya. Bolehlah jadi watchlist

      ReplyDelete
    13. Netflix kalau soal bikin film memang juara dah. Dengan ratingsnya yang sampai 9 ya, saya rasa pantas nih buat jadi tontonan malming bareng istri

      ReplyDelete
    14. Hmmm... nggak masuk list dulu deh. lagi cari genre lain yang ngga cinta-cintaan.

      ReplyDelete
    15. Wahhh ak bulan ini udah banyak banget nontonin drakor, sepertinya drakor ini terlewat dari list tontonanku nih. Harus nonton dulu, nanti balik lagi :D

      ReplyDelete
    16. Waahh ini aku nonton juga tapi agak kecewa karena gak lanjut ya haha. Tapi gk tau sih krn bisa juga dibikin ngambang, yaaa namanya jodoh tak ada yang tahu.
      Di sini Mas Sejong tu awalnya gemesin lama2 dia paham juga gimana caranya pacaran hehe. Sedang kan Suzy seperti biasa cantik mempesona😁

      ReplyDelete
    17. Wah, Bae Suzy mah kayanya bagus2 yaa drakornya. Itu aku pikir si manager hanya menganggap dia adik, ternyata punya perasaan cinta juga ya. Sayang akhirnya gak bersama, tapi realistis juga deh alasannya

      ReplyDelete