Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Film Korea Horror Komedi Hello Ghost (2010) : Mengabulkan Permintaan Para Hantu

Lagi-lagi Cha Tae-Hyun? Ini merupakan kali ketiga aku mereview film yang dibintangi olehnya yaitu My Puppy (2023) dan My Sassy Girl (2001). Dikarnakan kurangnya asupan lawak, kucoba untuk mencari film komedi hingga berakhir dengan menemukan beberapa judul— salah satunya Hello Ghost (2010). Aku sendiri belum pernah mencari tahu ataupun membaca ulasannya tetapi dapat dilihat bahwa film ini mendapatkan rating yang bagus (walaupun termasuk film lama), aku segera menyaksikannya tanpa meragukan kualitas dari Cha Tae-Hyun. 

Hello Ghost merupakan film yang rilis di bulan Desember tahun 2010 lalu, berdurasi 111 menit, karya dari penulis dan sutradara Kim Young-Tak, serta di produseri oleh Lim Sung-Bin dan Choi Moon-Soo menceritakan tentang Sang-Man (Cha Tae-Hyun) yang merasa menyedihkan pada saat Hari Kunjungan Anak Asuh— banyak orang baru yang mengunjunginya, banyak pula yang menanyakan namanya. Dirinya merasa tidak ada seorangpun yang mengingatnya apalagi memanggil dan mengadopsinya. Sang-Man yang sudah lelah hidup sendirian pun melakukan percobaan bunuh diri dengan menelan segenggam pil, namun upaya tersebut digagalkan oleh bapak pemilik rumah sewa.

Pantang menyerah, Sang-Man melakukan percobaan kedua dengan melompati jembatan Sungai Han. Lagi-lagi Ia gagal bunuh diri setelah diselamatkan oleh polisi penjaga (Sungai Han di Korea terkenal sebagai tempat yang mudah untuk melakukan aksi tersebut, maka dari itu ada satuan polisi penjaga seperti di drama Han River Police). Dokter mengatakan nafasnya sudah sempat berhenti, tetapi Ia masih hidup (lagi). Setelah nyaris mati Sang-Man dapat melihat keberadaan hantu yang Ia temui di rumah sakit dan empat hantu itu terus mengikuti kemanapun Ia pergi.
Sang-Man yang tidak tahan ketempelan hantu pun langsung menemui dukun/mudang. Dukun itu mengatakan bahwa dirinya harus membuka diri pada arwah-arwah tersebut karna Sang-Man sudah memanggil mereka tanpa ritual pada saat mati suri. Dukun juga mengatakan Sang-Man harus meminjamkan tubuhnya untuk sang hantu secara bergantian. Alhasil pria itu menjadi sangat berbeda, perubahannya adalah:

1. Sang-Man yang selalu menjaga kesehatan akhirnya mulai minum alkohol karna dirasuki kakek hantu.
2. Sang-Man mulai merokok sejak dirasuki hantu bapak tua.
3. Sang-Man menjadi rakus saat memakan coklat dan permen pada saat dirasuki hantu bocil.
4. Sang-Man selalu menangis tersedu saat hantu ibu-ibu galau merasukinya.
Akhirnya Sang-Man yang tidak tahan dengan gangguan para hantu kembali mengunjungi mbah dukun— Ia berharap dukun itu dapat mengusir mereka dan setelah itu Sang-Man dapat kembali melakukan aksi bunuh dirinya yang gagal. Sang dukun meminta Sang-Man untuk menuruti kemauan para hantu, konon katanya hantu akan meninggalkannya jika Sang-Man membantu para hantu mewujudkan impian mereka yang belum terwujud.

Para hantu mulai berebutan untuk mendapatkan keinginannya, yaitu:
1. Kakek hantu meminta Sang-Man untuk mencari kamera dan mengembalikannya.
2. Hantu bocil sangat ingin menonton film kartun di bioskop.
3. Bapak hantu menginginkan mengendarai mobil butut dan berenang di laut.
4. Hantu ibu galau hanya ingin berbelanja ke pasar dan memasak.

Dalam perjalanan mengembalikan kamera, Sang Man bertemu perawat Jung Yun-Soo (Kang Ye-Won) di rumah sakit dan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Perawat tersebut menganggap Sang-Man pria aneh karna kepribadiannya yang berubah-ubah (Ini dikarnakan tingkah laku dan cara bicara Sang-Man bertukar dengan hantu yang mengambil alih tubuhnya). Jujur, menurutku pasangan ini juga kombinasi yang aneh dikarnakan Yun-Soo memiliki kebiasaan mendengar detak jantung orang lain— dan Sang-Man malah pengen ikut-ikutan🤣.
  • coldclover's point : ANOTHER OLD BUT GOLD, YEOROBUN WAJIB NONTON FILM INI!! (Baru mukadimah udah maksa yakk🤣). Plotnya menarik, dimulai dari persoalan yang serius ingin mengakhiri hidup kemudian berlanjut ke sisi cerita yang lebih supranatural dan komedi, perlahan-lahan secara halus menunjukkan hal-hal indah ketika masih hidup. Hello Ghost memiliki perpaduan sempurna antara momen bahagia, sedih, serius dan lucu (udah kaya permen nano-nano, manis, asem, asin, rame rasanya). Aku mendapati diriku yang sekarat karena tertawa di beberapa bagian dan menangis di bagian lain. Alur ceritanya tidak mudah ditebak, terutama bagian akhirnya. Bagian akhir memiliki kemampuan untuk membuat seseorang menjadi WHOOOAAA!!! (Nonton gih nonton🤧).
  •  Satu hal yang aku sukai yaitu bagaimana tokoh utama hanya menuruti saja (Pada saat permintaan para hantu). Tidak ada adegan dramatis di mana dia memutuskan untuk mengabulkan keinginannya— dia hanya terhanyut mengikuti arus dan akhirnya menemukan bagian dari dirinya yang hilang. Situasi acak ini yang memungkinkan dia belajar tentang dirinya dan kehidupannya (Sang-Man senang rumahnya menjadi ramai karna kedatangan hantu dan Ia juga berharap para hantu tersebut masih hidup).  
  • Berikan tepukan yang gemuruh pada para hantu (Lee Moon-Soo, Ko Chang-Seok, Jang Young-Nam dan Cheon Bo-Keun) serta Cha Tae Hyun-nim👏🏻. Aktingnya ahjussi ini fix tidak diragukan lagi, aku suka betapa "fleksibel" wajahnya. Tae-Hyun mampu menampilkan wajah yang tepat untuk membuat adegan menjadi sangat lucu—  dan hal itu juga menambah pesona film ini. Menurutku film ini memiliki pesan “You never walk alone.” (Udah kaya lirik lagu bts, btw temenku yang army nah🤣). Jadi yeorobun, jangan pernah merasa sendirian pada saat diterpa masalah. Hadapi dengan tabah— tidak masalah untuk pelan-pelan karna saat ini kita tidak sedang berlomba (Aku ngetik aja yang lancar, aslinya mah gwaenchanayo— iso raiso yo halsuisseo🤧).
  • 📋 10/10, kalo ditanya alasannya apa, coba langsung nonton saja. Mungkin ini adalah rating tertinggi kedua ditahun ini kuberikan setelah Moving nah (Intinya sebagus itu, dan jangan lupa sediakan tisunya yaa🤧)
  •  Bagi yeorobun yang ingin menonton Hello Ghost dapat pc aku di telegram dengan id @coldclover😆
Sekian review film kali ini, see yaa^^~

15 comments for "Review Film Korea Horror Komedi Hello Ghost (2010) : Mengabulkan Permintaan Para Hantu"

  1. jarang sepertinya korea bangun film horor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ka technology world, sebenarnya banyak si film horror korea tetapi aku pribadi memang gamau nonton ka. Penakut akutnyaa🤧

      Delete
  2. Nah ini ni yang kutunggu-tunggu serial horror dan komedi hehe sering2 kak post kek beginian

    ReplyDelete
  3. Cha Tae-Hyun gak pernah gagal dalam berakting, salah satu film lawas yang ku tonton ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. He's legend? Gatau mau bilang apa tapi film lawasnya dia bener2 mantep sih. Btw kak, terimakasih atas kunjungannya🙆🏻‍♀️

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Film komedi horor yang bagus, film ini banyak juga adegan lucunya

    ReplyDelete
  6. Rate 10. film yang pastinya mempunyai byk kualitas di atas rata rata sebuah karya.

    ReplyDelete
  7. Artikel ini memberikan ulasan yang sangat menarik tentang film Korea Horror Komedi "Hello Ghost." Dengan detail yang baik, penulis memberikan wawasan yang komprehensif tentang alur cerita, karakter, dan pesan yang terkandung dalam film ini. Sangat bagus melihat bahwa film ini mendapat ulasan positif, dan penulis memberikan penilaian yang tinggi (10/10).

    Selain itu, penulis juga menggambarkan pesona Cha Tae-Hyun dalam film ini dan bagaimana dia berhasil menghadirkan momen lucu yang menghibur penonton. Pesan yang disampaikan dalam film ini tentang tidak merasa sendirian dalam menghadapi masalah juga disoroti, memberikan inspirasi kepada pembaca.

    Terima kasih atas ulasan yang menyenangkan ini, semoga artikel ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk menonton "Hello Ghost" dan menikmati pengalaman yang luar biasa dari film ini.

    ReplyDelete
  8. eh saya pernah lho nonton ini ternyata.. unik dan lucu.. tentang seseorang yg hidup sebatang kara ditinggal mati oleh keluarga2nya.. ternyata suatu saat org tersebut dihantui oleh arwah gentayangan yang ternyata itu adalah arwah org tua dan keluarga dia sendiri.. the best dah nih film.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaa kak tom ternyata udh nonton yaakk, bener nahh seperti itu. Pas nonton haha hihi tbtb nangoss😭

      Delete
  9. informasi yang menarik.. saya suka.. semoga bisa memberi informasi update lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya kak🙆🏻‍♀️

      Delete